Mau Liburan ke Surabaya? Intip Tips Jalan-Jalan Hore Berikut Ini

Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik saya masih tercatat sebagai warga Sidoarjo. Namun rasanya jiwa ini memiliki darah  Swiss yang kental. Eits, bukan negara Swiss di luar negeri sana, tapi hanya singkatan dari Sekitar Wilayah Surabaya-Sidoarjo. Saya pun merasa punya semangat ke-Surabaya-Surabayaan. Pasalnya, saya lebih sering pergi dan bermain di Kota Surabaya daripada Sidoarjo.

Bukan tanpa alasan saya memilih Surabaya, selain gebetan yang tinggal di sana, saya juga memiliki banyak teman sekaligus pekerjaan di kota pahlawan itu. Apalagi saya juga banyak menghafal tempat-tempat di Surabaya, khususnya tempat nongkrong atau cangkrukan yang ramah kantong.

Berbicara tentang Surabaya, tak selalu berurusan dengan Mall. Masih banyak tempat yang menarik lainnya yang patut dikunjungi ketika berkunjung ke Surabaya, salah satunya pantai dan taman yang menjadi ruang publik alternatif belakangan ini. Di media sosial pun kita bisa mendapat informasi tentang beberapa tempat di Surabaya. Nah, kali ini saya mau memberikan beberapa tips yang mungkin bisa membantu manteman semua ketika berkunjung ke Kota Surabaya. Apa saja?

Gunakan fasilitas mesin pencari.
Bagi saya, mesin pencari layaknya perpustakaan yang bisa memberikan informasi yang kita butuhkan. Bahkan informasi diberikan lengkap dengan sajian gambar beserta harga yang akan kita keluarkan nantinya, sehingga bisa menaksir jumlah biaya kebutuhan selama berada di Surabaya.

Media sosial adalah koentji.
Media sosial bisa menjadi pilihan alternatif ketika mesin pencari kurang memberikan informasi yang kita perlukan. Kita bisa menggunakan Twitter, Instagram dengan kata kunci yang kita inginkan, misal kata kunci “Kuliner Surabaya, Wisata Surabaya” atau yang paling hits misal pencarian dengan menggunakan tagar/hashtag #ExploreSurabaya.

Gunakan aplikasi pihak ketiga.
Selain media sosial dan mesin pencari, teman-teman juga bisa mencari tempat hiburan yang dekat penginapan lewat aplikasi penjualan tiket.  di Surabaya saat ini juga buanyak tempat menginap. Bagi teman-teman bisa mencari tempat menginap melalui aplikasi booking online, semisal tiket, nusatrip, booking.com, atau mengunjungi situs ini.

Manfaatkan Jejaring pertemanan.
Meskipun kita sudah bergaya hidup online. tapi jangan lupa hubungan sesama manusia juga harus dijaga. Enggak ada salahnya kita menyempatkan diri untuk bertemu dengan teman yang tinggal di kota tersebut. Selain bisa terus mengikat tali silaturahmi, siapa tahu juga bisa menjadi guide lokal, ya syukur-syukur juga ketemu jodoh ya mblo. eh*

Mungkin itu saja sih yang bisa saya sampaikan. Kalau ada tambahan, ya ntar ditambahin lagi. Jangan lupa, kalau ke Surabaya, kasih tahu saya ya. Selain bisa mengikat tali silaturahmi, ya kali bisa ditraktir eh. #horangkayah

Meet & Greet Film remaja “8 Hari menaklukan cowo”

Poster Film

Selasa (30/8) kemarin, menjadi hari yang paling menyenangkan bagi siswa-siswi SMK Widya Ketintang Surabaya. Bagaimana tidak, para pemain film “8 Hari Menaklukan Cowo” sengaja datang menyapa ke sekolah tersebut. Sebut saja Rangga Azof, Angelica Simperler dan Fita Anggriani .

Acara promo film “8 Hari Menaklukan Cowo” ini berlangsung seru dan meriah. Para siswa-siswi SMK Widya Ketintang menyambut antusias kedatangan para pemain. Surabaya pun patut berbangga. Pasalnya, Surabaya menjadi kota kedua yang dikunjungi oleh para pemain. Promosi film “8 Hari Menaklukan Cowo” akan digelar di 10 kota besar lainnya di Indonesia, seperti Medan, Semarang, Jogja, hingga Balikpapan.

Para Pemain film dan Executive Producer.

Pemilihan SMK Widya Ketintang sebagai tempat promosi film memang tidak salah. Film garapan sutradara Boy Rano ini menceritakan tentang kehidupan remaja dalam persahabatan dan percintaan masa SMA. Kendati demikian, film “8 Hari Menaklukkan Cowo” tetap membawa pesan edukatif. Menurut Executive Producer “8 Hari Menaklukan Cowo”, Novia Ramalina, film ini memberikan nilai edukasi tentang hubungan persahabatan. Persahabatan menjadi hal yang lebih penting daripada sekedar rebutan “calon” pacar.

Dalam acara tersebut, Rangga, Angelica dan Fita ikut menceritakan pengalaman mereka selama proses casting hingga syuting. Walaupun peran yang dimainkan kebanyakan tidak berbeda jauh dengan kehidupan sebenarnya, tapi proses pendalaman karakter ternyata juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pendalaman karakter untuk syuting film dengan sinetron rupanya berbeda. Saat membintangi sinetron, setelah membaca script, maka pemain akan langsung dilaksanakan syuting. Sedangkan untuk film, masih ada proses reading, bedah script, diskusi tim. Proses coaching pun berguna agar para pemain dapat mendalami peran sampai timbul chemistry diantara mereka.

Rencananya, film “8 Hari Menaklukan Cowo” ini akan dirilis pada 22 September 2016. Selain ketiga bintang di atas, film ini juga dibintangi oleh sejumlah artis ternama lainnya. Sebut saja Marcell Darwin, Regina Rengganis hingga Macime Bouttier. Wah, seperti apa akting Rangga cs ya? Jadi nggak sabar pingin nonton…

 

Adik-adik Siswi SMK Widya berebut pertanyaan
Adik-adik Siswi SMK Widya berebut pertanyaan

Nikmatnya Air Guraka di Pantai Sulamadaha

Nikmatnya Air Guraka di Pantai Sulamadaha

Setiap daerah di Indonesia pasti punya minuman khas yang biasa dinikmati oleh masyarakat lokal. Entah itu minuman hangat atau minuman dingin. Di Kota Ternate yang saya kunjungi kemarin cieeee, juga punya minuman khasnya yaitu Air Guraka. Sekilas terdengar seperti durhaka, tapi bukan begitu. Air Guraka itu minuman hangat yang terbuat dari rebusan jahe, gula aren dan taburan kacang kenari. Ya gak beda jauhlah sama sara’ba yang ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Maluku, Wedang jahe di Jawa atau bandrek di Jawa Barat.

Air Guraka *abaikan yicam-nya*

Air Guraka ini lebih nikmat jika diminum dalam keadaan hangat, apalagi malam hari. Eh tapi sah-sah saja sih jika ingin diminum ketika pagi hari….hehehe. Tapi katanya lebih nikmat lagi jika dicampur dengan susu kental manis. Saya sendiri pernah coba, ternyata memang betul, rasa manis dari gula aren yang dicampur dengan susu kental manis terasa nikmat, campurannya itu kayaknya pas gitu, gak bikin eneg.

Air guraka ini menjadi primadona masyarakat Maluku Utara saat bersantai di sore hari. Sama seperti kita yang berada di Pulau Jawa yang biasa menyantap pisang goreng dan ditemani segelas kopi/teh hangat.

Untuk menemani air guraka ini, biasanya disajikan penganan pisang mulu’ bebek, kacang goreng + teri goreng. Lha, kok namanya pisang mulu’ bebek? soalnya bentuk pisangnya kayak moncongnya mulut bebek gitu, kata penjualnya sih. Selain itu, pisang ini katanya juga khas Maluku, jadi gak ada di provinsi lainnya. Nah, makan pisang mulu’ bebek ini pake sambal dabu-dabu yang diuleg, sambal roa atau sambal terasi. Pisang yang digoreng garing gurih dipadukan dengan sambal yang pedas merupakan perpaduan yang pas, jadi gak bikin sadar kalo udah abis 3 porsi eh

Pisang Mulu’ Bebek beserta cocolannya

Pisang Mulu’ Bebek ini memiliki bentuk hampir mirip sama keripik pisang, ya 11-12 lah. Bentuknya yang tipis serta garing, empuk nan renyah inilah yang membuat saya ketagihan.

Saya pun menjadi fans berat dari makanan dan minuman satu ini. Memang, dari bahan pembuatannya kita pun bisa membuat sendiri di rumah. Tapi ya kurang afdol lah kalo gak ke Ternate langsung, minum air guraka, makan pisang mulu’ bebek sambil melihat deburan ombak di pantai Sulamadaha, ya kalo bisa sih ya sama pasangan uhuk.

Diskusi santai antara aku, blogger dan indihome

Diskusi santai antara aku, blogger dan indihome

Pada dasarnya saya ini orangnya santai, mau ngapain aja juga santai, sesantai diskusi antara saya, blogger, para aktivis media sosial serta Indihome. Sebenernya bukan diskusi sih ya, lebih tepatnya itu ngobrol asik, karena suasananya yang terbilang santai itu tadi. Yang lain pada ngobrol seru, saya seru-seruan sendiri sama makanan (dikeplak). Continue reading “Diskusi santai antara aku, blogger dan indihome”

Cara Melihat Gerhana Matahari.

Cara Melihat Gerhana Matahari.

Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa. Luar biasa ini dalam arti bisa membuat orang yang melihatnya menjadi takut ataupun takjub. Kata mbah Wiki, Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.
Continue reading “Cara Melihat Gerhana Matahari.”

Liburan ala saya

Liburan ala saya

Hari libur adalah hari yang paling ditunggu selain hari minggu oleh pelajar, pekerja, ibu-ibu rumah tangga yang sambil nggosip waktu belanja sayur hingga dedek-dedek gmz yang suka selfie waktu makan di food court mall. Tapi, ada juga yang gak libur waktu hari libur, misal bapak polisi, penyapu jalanan dan beberapa profesi yang menekuni bidang jasa lainnya. Salut dari saya untuk mereka.

Continue reading “Liburan ala saya”

Napak Tilas 512 km

Napak Tilas 512 km

Sehari di Kota Madiun untuk mengikuti kegiatan Pak Kapolda Anton Setiadji dalam rangka pembukaan Napak Tilas perjuangan pahlawan nasional M. Jasin. Napak Tilas ini merupakan bentuk penghormatan kepada Komjen Polisi (Purn) Dr H Mohammad Jasin karena telah dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional sesuai Keppres Nomor 116/TK/2015 tertanggal 4 Nopember 2015. Napak Tilas yang dimulai dari Madiun hingga berakhir di Surabaya. Rute ini memiliki sejarah tersendiri karena di rute tersebutlah M. Jasin bertugas saat terlibat perang kemerdekaan di Jawa Timur. Continue reading “Napak Tilas 512 km”